Sep 3, 2014

Recipe: Simply Mashed Potato

Produktif tengah malam nih semalam judulnya.Setelah beres-beres sisa makan malam, ketemu stok kentang yang belum diolah.Langsung kepikiran mau buat mashed potato buat bekal suami hari ini.Iseng cari beberapa resep lewat internet, akhirnya ketemu yang pas di laman www.justtryandtaste.comMaklum, kan dapur rumah peralatannya masih terbatas (suami mana suami, kode nih hehe..)

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mashed potato seperti ala restoran?Ini bahan-bahannya:

- 4 buah Kentang ukuran kecil, kupas lalu potong dadu

- 2 sdm Margarin

- 75 ml Susu cair

- 1/2 sdt Garam

- 1/2 sdt Bubuk merica

- 2 sdm Keju cheddar parut

- Seledri, rajang kasar

Resep dari website saya modifikasi sedikit, sesuai dengan jumlah kentang yang ada di dapur.
Cara membuatnya gak terlalu sulit kok..

- Kukus kentas, kira-kira 10-15 menit atau sampai kentang empuk. Cara mengetahui kentang sudah cukup lunak untuk dihancurkan nanti dengan menusuk kentang menggunakan ujung garpu atau tusuk gigi. Kalau ujung garpu atau tusuk gigi dapat dengan mudah menancap, berarti kentang sudah cukup empuk.

- Tiriskan kentang, masukkan ke dalam mangkok atau baskom kecil.

- Hancurkan kentang menggunakan garpu, sambil tambahkan margarin, garam, bubuk merica, dan susu cair. Aduk hingga tercampur rata

- Saring adonan kentang menggunakan saringan dengan lubang yang jarang-jarang. Namun karena baru punya saringan yang lubangnya rapat-rapat (saringan teh), jadi terpaksa keluarkan tenaga ekstra untuk menyaring kentang. Tekan-tekan kentang menggunakan punggung sendok.


Ini hasil kentang yang sudah disaring
 - Selanjutnya, campurkan kentang dengan keju dan seledri, kemudian masak di atas panci anti lengket (teflon) sampai keju lumer. 

Jadi deh!
Selamat mencoba ya..

Mashed potato with sunny side up! Nom!

No comments: